Saat ini, bekerja di kedai kopi sudah menjadi pemandangan lumrah. Apalagi, kota-kota besar tempat banyaknya...
Apa yang tercetus di benak saat mendengar kata-kata karir di coffee shop? Mungkin ‘barista’ adalah pekerjaan pertama yang teringat di benak. Memang, barista sudah terkenal sebagai salah satu pekerjaan yang terkait dengan kedai kopi. Kalau tidak membuat ragam racikan kopi, seorang barista akan melayani pelanggan.
Padahal, bukan itu saja yang bisa dilakukan bila ingin mulai berkarir di kedai kopi. Masih banyak lagi pekerjaan yang terkait dengan operasional coffee shop.
Nah, apa saja beragam karir di coffee shop? Ini dia daftarnya:
Seperti yang sudah banyak diketahui, tugas umum barista adalah mempersiapkan ragam racikan kopi pesanan pelanggan. Mereka juga melayani mereka, mulai dari memberi saran menu hingga menangani pembayaran di kasir. Satu hal penting lagi, mereka wajib ramah agar pelanggan betah.
Asisten manajer bertanggung jawab atas jalannya operasional harian coffee shop. Mereka mendukung manajer dalam usaha meningkatkan penjualan, mempekerjakan dan melatih barista, mengawasi inventaris kedai, hingga menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin akan muncul selama jam kerja.
Asisten produksi adalah pihak di balik persiapan kopi. Mulai dari mempersiapkan kopi dalam kemasan, memenuhi semua aspek pemesanan kopi, memberi label pada kantong kertas belanjaan kedai kopi dan tas, hingga mengawasi persediaan kopi. Mereka juga ikut bertanggung jawab dalam perawatan dan pembersihan inventaris, seperti membersihkan mesin espresso.
Asisten administratif mendukung bisnis kopi dari kantor. Mereka-lah tangan dingin dalam urusan dokumentasi, korespondensi bisnis, dukungan telepon dan layanan pelanggan, hingga urusan jadwal serta laporan terkait operasional kedai kopi.
Di era digital, sepertinya hampir semua bisnis mempunyai orang dengan jabatan ini. Begitu pula dengan coffee shop. Manajer media sosial bertanggung jawab seputar brand coffee shop yang mereka pegang. Misalnya: menciptakan brand awareness, mengidentifikasi target pasar, kampanye media sosial, mengikuti trend, hingga menampung saran pelanggan yang biasanya langsung ke DM laman media sosial brand.
Roaster dan mechanical technician berperan besar dalam perakitan, pemasangan, pemeliharaan, dan perbaikan ragam mesin kopi. Mereka-lah yang bertanggung jawab atas keawetan dan perbaikan pada mesin kopi yang menjadi sumber produksi semua pesanan kopi di kedai yang bersangkutan.
Manajer kedai kopi bertugas mengawasi operasional kedai kopi. Selain mengembangkan dan menerapkan strategi peningkatan penjualan, mereka juga memotivasi staf agar menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan. Mereka juga harus sigap dalam memantau dan meminimalkan kerugian, mengontrol biaya operasional, dan menjaga hubungan baik dengan pihak vendor.
Manajer juga ikut mempekerjakan dan melatih barista, mengawasi inventaris kedai, hingga menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin akan muncul selama jam kerja.
Untuk karir di coffee shop, seorang desainer grafis bertanggung jawab membuat konten visual, baik untuk media cetak maupun digital. Mereka harus menciptakan beragam produk dan bahan yang harus selaras dengan brand. Contoh: membuat produk, iklan, logo, dan lain-lain yang berkaitan dengan kedai kopi tempat mereka bekerja.
Green coffee buyer adalah pihak terdekat dengan vendor kopi yang bekerjasama dengan coffee shop. Mereka-lah yang langsung membeli biji-biji kopi dari petani kopi, mencicipinya sebelum menentukan biji-biji yang akan diteruskan kepada roaster. Ada kalanya mereka harus terbang ke luar negeri khusus untuk mencicipi kopi impor.
Selain mengelola relasi baik antara petani dengan pihak roaster, buyer juga harus mengelola inventaris, menegosiasikan kontrak dan harga, mengawasi protokol pengiriman serta pemrosesan, hingga menangani beragam dokumen. Pekerjaan ini juga membutuhkan pengetahuan kopi tingkat tinggi.
Brand manager harus memastikan bahwa brand kedai kopi mereka tetap relevan dengan pelanggan yang sudah setia dengan yang masih calon pelanggan. Mereka juga harus melakukan analisis pasar, menyimak trend, hingga bekerjasama dengan pihak periklanan terkait dengan usaha branding produk kopi yang mau mereka jual.
Pihak ini menjual barang-barang terkait kopi, seperti: peralatan khusus hingga biji-biji kopi dalam kemasan. Mereka adalah perwakilan dalam penjualan dan promosi brand kopi. Mereka harus tahu banyak tentang kopi dan trend seputar kopi, sehingga dapat menjual produk dengan baik.
Sesuai perannya, manajer pemasaran mengembangkan kebijakan pemasaran produk. Mereka mengidentifikasi pasar sasaran, menciptakan permintaan akan produk perusahaan, membantu strategi penetapan harga, dan menganalisis tren pasar. Manajer pemasaran dapat bekerja dengan profesional periklanan lainnya untuk mengembangkan kampanye promosi bagi perusahaan.
Manajer produksi mengawasi proses pengemasan dan pengiriman perusahaan pemanggangan. Mereka menjaga komunikasi antara pemanggang kopi, operasi pengemasan, pemrosesan pengiriman dan layanan pelanggan dan mendukung berbagai penanganan kopi dan proses pemanggangan. Manajer produk sering bekerja dengan mesin pengemasan kopi dan teh dan berusaha untuk menjaga efisiensi produksi. Nah, inilah karir di coffee shop yang wajib kamu ketahui.
Sumber:
https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/jobs-in-coffee
https://ottencoffee.co.id/majalah/6-profesi-penting-dalam-dunia-kopi
https://id-velopedia.velo.com/6-cara-menjadi-barista-buat-kamu-yang-tertarik-kerja-di-coffee-shop/
Saat ini, bekerja di kedai kopi sudah menjadi pemandangan lumrah. Apalagi, kota-kota besar tempat banyaknya...
Mengapa banyak orang kantor yang senang sekali nongkrong di coffee shop? Ini bukan sekadar melepas...
Saat ini, kopi bukan lagi minuman yang dimonopoli generasi tua. Kopi sudah banyak macamnya, mulai...
Apa yang bisa disebut menu coffee shop terbaik di Jakarta Selatan? Pastinya, harus ada kopi....